Header Ads

Sejarah Terbentuk Nya BRIMOB POLRI

BRIGADE MOBIL POLRI merupakan Pasukan Kepolisian Negara Republik Indonesia , yang sejak lahirnya pada tanggal 14 Nopember 1946 diberi tugas khusus diantaranya mengenai bidang kemiliteran yang berwajibannya untuk mempertahankan dan memelihara keamanan dan ketertiban didalam negeri.

Didalam melaksanakan Tugas pokok , Fungsi dan Peranan BRIGADE MOBIL POLRI , sepanjang sejarah tidak dapat dipisahkan dari situasi dan kondisi Negara dan Bangsa Indonesia pada tiap-tiap perjuangannya untuk menuju cita – cita luhur Bangsa Indonesia, yaitu masyarakat adil , makmur, maju dan sejahtera berdasakan Pancasila  dan UUD – 1945.

Perjuangan kemerdekaan Bangsa Indonesia pada masa lalu tidak dapat dipisahkan dengan sejarah pertumbuhan dan perkembangan BRIGADE MOBIL POLRI pada umumnya, karena BRIGADE MOBIL POLRI lahir dan tumbuh di tengah-tengah kancah perjuangan Bangsa Indonesia dan Revolusi Nasional Indonesia. Nama dan sebutanBRIGADE MOBIL POLRI pada masa lalu , antara lain : PASUKAN POLISI ISTIMEWA , PASUKAN PERJUANGAN POLISI, BARISAN POLISI ISTIMEWA , POLISI MARSOSE , MOBILE BRIGADE dan lain sebagainya.

Pada masa permulaan Revolusi Nasional Bangsa Indonesia pada masa yang lampau, dimana-mana di samping rakyat dan pemudanya yang bersenjatakan bambu runcing , PASUKAN POLISI ISTIMEWA adalah salah satu pasukan yang memiliki sikap dan daya juang yang tinggi, sehingga mampu memberi dorongan serta motifasi yang besar terhadap moril dan keuletan tekad bagi rakyat Indonesia untuk terus berjuang mempertahankan Kemerdekaan Indonesia melawan kekuasaan Asing yang bercokol di bumi Indonesia.

Sejarah perjuangan BRIGADE MOBIL POLRI , bukan saja menjadi kebanggaan Polri , akan tetapi menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia pada umumnya, karena BRIGADE MOBIL POLRI  tidak pernah absen dalam perjuangan bersenjata Rakyat Indonesia , ikut aktif menentang dan melawan penjajah dan kekuasaan bangsa Asing , perjuangan menegakkan hukum dan keadilan di seluruh tanah air.

Pada tanggal 14 Nopember 1961, BRIGADE MOBIL POLRI mendapat Anugrah“SAKANTI YANA UTAMA“ dari Presiden Republik Indonesia Ir. SOEKARNO.  Satya Lencana SAKANTI YANA UTAMA tersebut mengandung nilai – nilai  Spiritual yang merupakan kebanggaan dan pengungkit  untuk  membangkitkan daya juang serta pengabdian BRIGADE MOBIL POLRI terhadap Negara dan Bangsa Indonesia. Anugerah tersebut sebagai pendorong semangat yang luar biasa nilainya , dan sepanjang sejarah akan ditulis dengan Tinta Emas dalam sejarah Bangsa Indonesia. Lebih-lebih jika diingat bahwa SAKANTI YANA UTAMA itu merupakan Anugerah dan Penghargaan tertinggi  dan yang pertama dalam sejarah Kepolisian Republik Indonesia

Pada hakekatnya bahwa setiap warga BRIGADE MOBIL POLRI harus mampu mempertahankan / menjunjung tinggi kehormatan serta kebanggaan yang telah diraih pada masa perjuangan . Dan nilai-nilai inilah yang selalu menjiwai dalam pertumbuhan dan perkembangan kemampuan BRIGADE MOBIL POLRI  untuk tetap mempertahankan dan bahkan lebih meningkatkan Kinerja baik dibidang Pembinaan maupun Operasional  BRIGADE MOBIL POLRI dalam menghadapi  tantangan tugas yang lebih berat pada masa mendatang dengan meningkatkan jiwa kejuangan dan pengabdian kepada negara dan bangsa.

Karena itu, nilai-nilai perjuangan BRIGADE MOBIL POLRI yang terkandung dalam“ SAKANTI YANA UTAMA” tersebut akan mempertebal keyakinan , bahwa  dalam  situasi  dan  kondisi bagaimanapun  Eksistensi  BRIGADE MOBIL POLRI akan tetap dibutuhkan dan diharapkan dapat diandalkan serta dibanggakan. Ibarat seperti tumbuhan yang akar tunggangnya menunjang masuk ke dalam bumi, sehingga mampu menjadi penguat pertumbuhan dan daya tahan bagi BRIGADE MOBIL POLRI dari  terpaan angin taufan serta guncangan apapun yang menimpa. Mungkin suatu saat tangkai dan ranting dapat terputus karena waktu dan usia, namun batang dan akarnya akan tetap kokoh dari goncangan badai serta tantangan zaman. Pada suatu saat bila ada kesempatan akan mengembangkan dahan seiring dengan pertumbuhan daun-daun lebat menghijau Pada saat itulah akan lebih banyak memberikan manfaat terhadap Masyarakat , Bangsa dan Negara Indonesia.

PENGHARGAAN TERTINGGI ” NUGRAHA CAKANTI YANA UTAMA ”

OLEH PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA I Ir. SOEKARNO,

PADA HARI ULANG TAHUN MOBRIG KE 16

TANGGAL 14 NOVEMBER 1961

Nugraha Cakanty Yana Utama

merah putih

Merah putih

FOTO TEMPOE DOELOE

SEJARAH PERJUANGAN POLISI ISTIMEWA / BRIGADE MOBIL

sejarah brimob

Foto sejarah Brimob

BANGSA YANG BESAR ADALAH

BANGSA YANG DAPAT MENGHARGAI PARA PAHLAWANNYA

______________________________________________________________

” KATA – KATA PERJUANGAN ”

Bung Tomo

“ Soal senjata nampaknya agak menggelisahkan. Sebagai anak buah Tentara Pembela Tanah Air (PETA) yang semula menjadi harapan rakyat banyak, ternyata sudah dikirim pulang oleh Jepang tanpa senjata. Satu-satunya kekuatan bersenjata yang masih kokoh adalah Pasukan Polisi Istimewa yang dipimpin oleh seorang pemuda Sulawesi, Muhammad Yasin ”.

Dr. H. Roeslan Abdulgani

“ Pasukan Polisi Istimewa lahir lebih dulu dari  yang lain ”.

Brigjen. TNI / AD Sudarto

“ Omong kosong jika ada yang mengaku dalam bulan Agustus 1945 kita memiliki pasukan bersenjata. Yang ada hanya Pasukan Polisi Istimewa dan tanpa pasukan ini tidak akan ada Hari Pahlawan 10 Nopember 1945 ”.

Jenderal TNI/AD Sukanto Sayidiman

“ Pak Yasin dan Pasukan Polisi Istimewa adalah guru dan pelatih kami ”.

Abdul Kadir Besar S.H.

“ May. Jend. Pol. M. Yasin di tahun 1945 dengan peranan juangnya wajar diberikan kedudukan Singa Pejuang RI ”.

May.Jen. TNI/AD Sungkono

“ Yasin memproklamirkan  polisi  sebagai  Polisi Republik Indonesia tanggal           21 Agustus 1945.” ( elm )

Sumber : SATUAN II PELOPOR

The post Sejarah Terbentuk Nya BRIMOB POLRI appeared first on Halo Dunia.



from Halo Dunia http://ift.tt/2eVj14e
via IFTTT

No comments

Powered by Blogger.